Perbandingan Laneige Whitening BB Cushion Vs Innisfree My Foundation Semi Matte 2.4

by - Maret 11, 2018


Semenjak di korea pengetahuan soal skincare dan kosmetik aku meningkat. Itu dipengaruhi oleh dua hal : skincare + kosmetik di korea menjamur dan pelarianku dari stress karena lab. Selama di Indonesia aku ya ga tau apa-apa, pake skincare sekenanya dan makeup pun sekenanya. Honestly, a big thanks to korea udah meningkatkan pengetahuanku soal per-skincare-an dan per-kosmetik-an-ku wkwk.

Image result for Song Hye Kyo Laneige cushion cf
Ex-Ambassador Laneige selama 10 Tahun (2008-2018) Song Hye Kyo

Di postingan ini aku mau sekalian menjawab banyak banget pertanyaan yang aku terima soal apa itu BB Cushion ? dan apa bedanya BB Cushion dan Foundation. Memang aku sendiri awalnya beranggapan kalau cushion dan foundation itu sama, tapi ternyata beda banget dan aku bakalan coba share perbedaannya.  

Pertama aku bakalan jawab dulu apa itu cushion?

BB Cushion itu sebenernya BB Cream liquid yang di-compact-kan ke dalam sponge dan dibentuk seperti halnya bedak. BB Cushion ini diciptakan dengan tujuan agar penggunaan BB Cream, bisa lebih praktis dan tidak mengotori tangan, namun umumnya BB cream yang digunakan lebih cair dibandingkan BB cream kemasan tube agar bisa menyerap sempurna pada sponge.

Macam-macam Jenis dan Merek Cushion (Yang pernah aku pake)


Disini yang aku bahas adalah koleksiku sendiri yang aku memang pakai, aku pakai Whitening BB Cushion Laneige dan Semi Matte Foundation series My Foundation dari Innisfree. Soal perbedaannya bakalan aku jelasin di poin-poin berikut beserta penjelasannya sepengetahuanku ditunjang sumber-sumber lain yang aku baca ...


1. Tujuan Pemakaian

Hal yang pertama yang membedakan BB Cushion dan Foundation adalah tujuan pemakaiannya. Kalau untuk keperluan pemakaian sehari-hari seperti kerja atau kuliah lebih disarankan untuk menggunakan cushion. Sementara foundation lebih baik digunakan untuk ke acara-acara formal yang memang membutuhkan riasan lebih seperti pesta atau sesi pemotretan. Karena penggunaan foundation dapat membuat riasan di wajah seperti eyeshadow, blush dan contour lebih awet dan lebih pop out. Namun perlu hati-hati dalam memilih foundation karena kalau tidak terbiasa akan menyebabkan breakout di wajah kita.

2. Coverage Level 

Sejujurnya mereka mirip, namun sebenarnya cushion coveragenya lebih rendah dari foundation  Sementara itu, foundation lebih tinggi coveragenya yang membuat imperfection di wajah kita lebih tertutup. Saat pemakaian, cushion akan lebih cepat hilang atau oxidize dibanding foundation yang cenderung stay in place pada wajah untuk waktu yang lama.

3. Manfaat Skincare pada Produk

Pada cushion masih ada kandungan skincare nya yang bisa menutrisi kulit seperti efek melembabkan ataupun mengecilkan pori-pori, cushion juga lebih bisa meminimalisir terjadinya clogging atau penyumbatan pada pori-pori kulit karena lebih ringan. Sementara foundation tidak memiliki efek skincare apapun, murni hanya alas bedak untuk meratakan warna kulit dan menutupi imperfection pada wajah agar makeup lebih tahan lama. Selain itu BB Cushion umumnya sudah mengandung SPF, sementara foundation umumnya tidak mengandung SPF. 

3. Variasi Warna

Dalam hal ini BB Cushion jelas kalah dari foundation. BB cushion umumnya tersedia dalam warna yang terbatas biasanya hanya ada 3/4 warna saja, maksimal ada 6 warna yang disediakan seperti pada BB Cushion dari Etude House. Sementara foundation pilihan warnanya amat banyak mulai dari shade paling gelap hingga shade paling terang.


Selanjutnya, aku bakalan share foto-foto perbandingan antara Laneige Whitening BB Cushion dan Innisfree My Foundation Semi Matte no 2.4 :

Laneige Whitening BB Cushion

Packaging :

Packaging Depan Laneige BB Cushion Whitening No. 23


Packaging Dalam (for me it's luxurious)


Packaging Belakang (Huruf Hangeul Semua T.T)

Suka banyak yang penasaran isi dari cushion itu gimana sih? isinya kaya di bawah ini, ada sponge dan ada bbcream yang bentuknya liquid. Jadi, semacam BB Cream yang direndam di dalam sponge. Cushion diciptakan untuk memudahkan pengaplikasian BB Cream, selain itu dia membuat pemakaian lebih higienis dan merata karena dilengkapi spons. Namun cushion ini dengan harga yang sama dengan BB Cream, isi nya lebih sedikit, harganya mahal dikarenakan Packagingnya yang membutuhkan banyak biaya.
Tampilan Spons dan BB Cream dalam Cushion
My Review : I'm super in love with this cushion. Aku udah pernah nyobain beberapa jenis cushion korea dan menurutku Laneige ini terbaik di aku. Why? Dia ga bikin breakout sama sekali, Finishnya flawless, bahkan saat aku pakai di Indonesia pun masih ga bermasalah. Karena ini semi matte finish, aku masih perlu menambahkan bedak tabur supaya muka ga mengkilap, bedak yang aku pakai biasanya Innisfree no sebum blur powder, Marck atau Wardah. Staying powernya cushion ini juga oke banget, bahkan aku ga pernah retouch setelah wudhu pertama karena dia tetep stay di muka aku. Anyway, ini review dari aku ya bisa berubah sesuai jenis kulit masing-masing orang, aku udah habis refill ke 4 dan udah stock sekitar 6 refill lagi hohoo

Disclaimer : Jenis kulit aku tuh combination, oily di daerah T dan lumayan kering di pipi

Setelah 7 jam pakai BB Cushion Laneige, 1 Kali Retouch 



Innisfree My Foundation in Semi-Matte Finish 2.4 No. 23 :


Packaging Innisfree My Foundation


Pump untuk Mengeluarkan Produk


Deskripsi Shade dan Jenis Finish (Hasil Pemakaian)

Deskripsi Produk dan Cara Pemakaian

Deskripsi Komposisi Utama Produk

Perbandingan Laneige BB Cushion Vs Innisfree My Foundation :

Tekstur Produk
Keliatan yak, kalau Innisfree lebih Kental dibandingkan Laneige. Selain itu hasilnya juga keliatan lebih matte dibanding Laneige.

Setelah Di Swatch
Setelah di swatch keliatan kalau Laneige atau Cushion lebih sheer dibandingkan foundationnya Innisfree.

My Review : Ini foundation pertama aku, sebelumnya aku ga pernah beli karena merasa udah cukup aja pake cushion atau BB Cream, tapi ternyata kalau untuk makeup yang bold atau untuk acara-acara tertentu cushion kurang nampol, eyeshadow kurang pop out dan tahan lama, begitupun buat highlighter, bronzer dan juga blush on. Jadilah kubeli foundation ini untuk dipakai di acara-acara tertentu seperti pesta, kondangan atau kalau mau foto (emangnya siapa? ) kwkwkw. Dan aku ga nyangka sebagus itu, ini produk barunya Innisfree yang launch Januari 2018 ini, jadi belum banyak orang yang review. Aku juga memutuskan beli setelah melihat range warnanya yang banyak dan hasil finish yang bervariasi, dan ternyata para beauty vlogger dan beauty blogger di Korea pun pada suka sama produk ini dan banyak yang bilang kalau ini tuh Dupe nya Estee Lauder yang Double Wear Foundation itu (which is aku suka banget). Ga mengecewakan, aku pake ini seharian waktu acara wisudaku dan makeup aku tahan lama, ga geser, ga cracky (padahal winter di korea dahsyat banget bikin kulit kering) dan ringan banget di muka, kaya ga pake foundation. Lalu sempet kucoba buat di Indonesia yang lebih humid dan panas, dan sama bagusnyaa walaupun memang sedikit berminyak tapi dia ga cracky dan geser sama sekali. So, THUMBS UP buat Innisfree udah ngeluarin Foundation sebagus ini. 
Penampakan muka setelah sekitar 7 jam pake My Foundation Innisfree tanpa Retouch
So, Sekian dulu ya fellas buat postingan kali ini. Semoga informasi yang diberikan bisa membantu untuk memutuskan beli yang mana atau pakai yang mana. Yang perlu diingat kulit semua orang tidak sama, kalau bagus di aku belum tentu di kalian bagus juga, jadi be wise dalam memilih ya. Pemakaian foundation atau cushion juga perlu disesuaikan sama occassionnya dan juga jenis kulit kita supaya hasilnya flawless dan lebih maksimal.

Sekian...

See you in the Next Post fellas :)

                                                                                        rishalicious_March, 11th 2018

You May Also Like

0 komentar