Kamis, 04 April 2019

[REVIEW] EMINA City Chic CC Cream Shade 02. Natural


Produsen skincare dan kosmetik lokal akhir-akhir ini makin mengganas ya. Mereka berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk baru yang semakin inovatif, baik dari segi formula yang semakin bagus maupun kemasan yang lucu dan eyecatching. Di postingan kali ini aku mau bahas produk lokal yang dikeluarkan oleh salah satu brand lokal yang setahun terakhir aku amatin yaitu EMINA. Buat yang belum tau, Emina itu salah satu produsen makeup dan skincare lokal di bawah PT. Paragon Technology, dia itu sister-brandnya Wardah dan Makeover. Target pasar emina sendiri adalah remaja hingga wanita muda di usia 20 tahunan, that’s why produk-produk emina tuh packagingnya gemesh banget, formula produk-produk emina juga tergolong ringan di kulit dan harganya amat sangat ramah di kantong.

Jadi, sekitar 6 bulan terakhir aku lagi lumayan bosen sama yang namanya BB Cushion, soalnya aku udah hampir 3 tahun pake cushion mulu. Awalnya aku tertarik pengen beli compact powdernya emina yang Emina Bare With Me Mineral itu, karena aku liat shadenya ada yang cocok sama kulitku. Tapi, secara personal aku juga males pake sesuatu yang powdery di muka kaya bedak (sumpah, galau banget ga jadi gue? :v). Setelah browsing-browsing lumayan lama, eh tiba-tiba sekitar akhir 2018 aku liat salah satu video di youtube, kalo ga salah di channelnya Adhelia Fa, dia review CC Creamnya emina, dan aku langsung tertarik dong buat cobain karena reviewnya dia oke banget dan aku emang lagi cari sejenis krim wajah yang ringan tapi bisa meratakan warna kulit. Tapi, karena aku ada di Lampung, buat beli di store eminanya butuh waktu, dan aku baru bisa cobain sekarang nih si Emina City Chic CC Cream yang nomer 2 Natural.

Buat review kosmetik aku butuh waktu untuk bisa kasih impression terkait produk itu. Aku udah pake produk ini sekitar 3 mingguan terakhir dan jujur CC Cream ini sesuai banget sama tipikal complexion buat daily makeup yang aku cari.


KEMASAN



Hal pertama yang bakalan aku bahas itu soal kemasannya. Jadi, CC Cream emina packagingnya berupa tube dan ada boxnya. As usual, produk krim lokal biasanya pake kemasan tube gitu, so does Emina CC Cream. Warnanya juga khas Emina banget, pink campur peach gitu, warnanya packagingnya mirip sama compact powdernya emina yang Bare With Me Minerals.

I was thinking apa gitu fungsinya ilustrasi gedung-gedung gitu di kemasan produk ini, tapi karena namanya Emina City Chic makanya perlu tambahan ilustasi gedung-gedung gitu ya biar sesuai sama namanya yang “City and Chic itu” (?) :v.


Di kemasan boxnya ditulis jelas klaim dan keterangan produk, komposisi produk dan kode produksi. Sementara di kemasan tubenya hanya ada keterangan dan klaim produk beserta tanggal expirednya.
Untuk kemasan boxnya, aku ga ada masalah sama sekali. Tapi, untuk kemasan tubenya aku agak ga suka karena entah kenapa tutupnya tuh agak keras dan susah dibuka. Udah gitu, menurutku kemasan tubenya ini terlalu besar dan isinya sedikit, yang berakibat terlalu banyak angin didalamnya.


Kebanyakan angin di dalamnya itu yang bikin produknya sering keluar sendiri dan bikin tutupnya jadi blepotan produknya kan. Sayang sih sebenernya, jadi banyak produk yang kebuang. Apalagi tutupnya susah dibuka.

KOMPOSISI

Kalo dari segi komposisi aku ga menemukan bahan berbahaya sih di dalamnya. Komposisi CC Cream ini ditulis dengan lengkap dan jelas di bagian belakang boxnya. Produk ini juga paraben free yaaa, jadi girls yang phobia paraben gausah khawatir yak, produk ini aman dan yang pasti udah ada label Halal MUI juga.


TEKSTUR

Ini pertama kalinya aku nyobain CC Cream jadi aku excited banget buat nyobain produk ini. CC Cream itu sendiri singkatan dari Color Changing Cream, dalam bahasa indonesia artinya krim yang berubah warna. Sesuai sama klaimnya, CC Cream ini awalnya warnanya putih kaya krim pelembab kulit biasa gitu, tapi lama kelamaan kalau di blend warnanya bakalan berubah menyesuaikan warna kulit aku dan bakalan ngecover kulit serta meratakan warnanya. Sebenernya kalau di zoom, di CC Cream ini ada granul-granul warna coklat gitu yang bakalan meleleh saat kita aplikasikan di kulit gitu (this formula is so damn unique).



CC Cream Emina ini finishnya matte dan termasuk light coverage. Buat yang cari CC Cream yang medium sampai full coverage, this is not the one you are looking for girls, and never try build it up ya, karena waktu aku coba build up (buat nambah coveragenya) malah jadinya cakey dan crack gitu kaya ga menyatu antara first layer sama second layernya. But, if you are looking for a light coverage complexion (just like me), this is the one for you. Soalnya dia memang ringan banget juga di wajah, ga kaya pake complexion tapi warna kulit jadi lebih segar  dan merata gitu.

I'm sorry, waktu foto ini kulitku lg super kering gitu, jadi dry patchnya keliatan banget


CARA PEMAKAIAN

Untuk cara pemakaian ini di boxnya ada keterangannya sih :
“Oleskan merata menggunakan ujung jari atau kuas”
Kalo aku pribadi prefer pake tangan, soalnya hasilnya lebih bagus dan ngeblend sama kulitku sih. Kalian bisa coba cara lain, tapi menurutku ini udah paling efektif (di aku).

Jadi, caranya tuh dengan diblend ke seluruh wajah pake tangan sampe merata. Aku pernah coba blend pake beauty blender hasilnya aneh, soalnya produknya malah keserap semua sama sponsnya. Aku juga ga double layer makenya, soalnya kalo double layer malah ada garis2 putih dan ga merata gitu, kulit jadi kering juga. Aku udah lumayan suka finishnya yang agak sheer ini sih soalnya.

OVERALL REVIEW

Produk ini memberikan klaim dapat membantu meratakan warna kulit, menjaga elastisitas kulit dan memberikan efek kulit lembut dan halus. So far, aku merasakan sih klaim meratakan warna kulit dan memberikan efek kulit lembut halus, Cuma aku ga merasakan efek menjaga elastisitas kulit, soalnya kulit aku ya gitu-gitu aja hehe.

Di kemasannya dia juga bilang kalo mereka diformulasikan khusus mengandung Vitamin E, ekstrak Aloe Vera, apricot oil dan allantoin. Kesemua bahan yang ada di Emina CC Cream ini diklaim bisa ngasih efek maksimal untuk jadi pelembab wajah, alas bedak sekaligus antioksidan. Setelah beberapa kali pemakaian aku bisa bilang bahwa semua klaim dari produk ini benar adanya. Ini tuh krim sekaligus skincare yang lumayan ringan buat dipake sehari-hari. Jauh lebih ringan dibanding BB Cushion atau BB Cream.

Kalo soal ketahanan produk, dia lumayan nahan minyak sampe sekitar 6 jam. Setelah itu perlu di blot pake kertas minyak di kulit atau di blot pake bedak. Setelah 1x wudhu juga dia ga luntur-luntur amat sih. Aku biasanya touch-up pake compact powder di bagian yang cc creamnya udah luntur. Aku gapernah reapply si cc creamnya ini ke seluruh muka, pernah aku coba 1x hasilnya cakey dan ga ngeblend. Jadi daripada aneh aku cukup blot pake kertas minyak atau tambahin bedak sedikit.

And then, namanya sebuah produk ciptaan manusia, pasti ada kelebihan dan kekurangannya dong. Here some of them (in my thought) :

Pros :
  • Super Lightweight
  • Matte Finish
  • Yellow Undertone (suit most indonesian girl skin with warm/yellow undertone)
  • Including SPF inside
  • No Cracking at all

Cons :
  • Packaging is unconvenient
  • Pilihan warnanya baru sedikit, Cuma ada 2 yaitu ; 01. Light sama 02. Natural
  • Efek melembabkannya kurang kerasa
OVERALL SCORE : 8.5/10
Repurchase : YES!!!!


Okay, sekian dulu reviewku kali ini. Semoga lumayan meracuni kalian semuanyaaa.

Oya, aside of this blog aku juga suka share review produk di instagram aku @rishalicious02 and you also can reach me by my email di rishalicious02@gmail.com

See you in next post fellas...

                                                                                      _rishalicious_April 4th, 2019

2 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus