About Jilbabku, Dulu dan Sekarang

by - Juli 20, 2017

Hari ini aku pengen cerita (lagi) kali ini temanya agak religius, tentang Jilbabku. Mungkin aku bakalan cerita kesan selama mengenakan jilbab dari dulu sampai sekarang dan latar belakang kenapa aku memutuskan memakai jilbab.

Aku memutuskan berjilbab saat masuk SMA kelas 1 sekitar tahun 2008. Di tahun itu jilbab sudah lumayan banyak dipakai tapi engga se-hype sekarang yang pasti. Keputusan berjilbab ini sempat ditentang sama bunda sih, bukan karena beliau enggak mau lihat anaknya berhijab tapi beliau beranggapan kalau anaknya ini belum siap secara lahir batin untuk berjilbab. Semua itu karena beliau melihat fakta bahwa banyak banget anak muda yang memutuskan untuk pake jilbab tapi ternyata masih buka tutup. Sekolah pake jilbab, main engga pake (sejenis itulah). Sementara ayah? ayah justru setuju banget aku pake jilbab. Setelah lumayan lama meyakinkan beliau jadilah masuk SMA direstui oleh kedua orang tua buat pake jilbab. Tahun 2008 jilbab sudah mulai ramai dipakai sih tapi belum seperti sekarang yang jadi trend dan bikin hitz, apalagi aku masih sekolah jadi pakai jilbabnya yang standar-standar aja asal ga dirazia guru dan ga merepotkan kalo jam olahraga, plus jilbab-jilbabku selama sma semuanya ga ada yang mahal karena dibeliin bunda dan emang standar buat anak sekolah.

Keputusan memakai jilbab itu bukan karena mengikuti trend atau apa, tapi murni karena ngerasa kalo udah saatnya pake jilbab. Alhamdulilahnya, sampai sekarang jilbab ini bener-bener mengendalikanku. Saat ingin berkata kasar inget pake jilbab, kemudian engga jadi deh bicara kasar. Saat mau ikut-ikutan gaul dan nakal, inget kalo pake jilbab jadi engga mau nakal dan ikut-ikutan. Pasti pernah denger kan orang engga mau pake jilbab alasannya karena mau jilbabin hatinya lebih dahulu dan aku mau bilang that's totaly wrong girls. Karena kalo emang udah pake jilbab pasti segala macam perbuatan dan ucapan pasti akan sendirinya terkontrol karena inget kalo kita udah berjilbab.

Jujur dulu ngerasa kalo berjilbab itu berat banget. Kesel mulu tiap jam olahraga, karena rasanya panas banget dan gerah, pengen buka jilbabnya. Sama ngerasa kalo pake jilbab itu bikin diri sendiri keliatan enggak cantik lagi haha. And that was all again totaly a very big mistake, seriously if you think so that means satan is in you head  and controlling your mind. Makin kesini aku makin terbiasa dengan jilbabku, malah rasanya kaya ada yang kurang kalau engga berjilbab. Jujur sih dari dulu tahun 2008 s.d sekarang jilbabku ya begini-begini aja ga berubah dan belum jadi yang panjang-panjang gitu, meski gitu-gitu aja aku juga bukan pengikut trend hijaber loh yaa karena aku tipikal orang yang gak suka riweh dan ribet jadi aku ogah gonta ganti style jilbab. Selain itu aku yang notabene-nya anak teknik dan punya banyak temen cowok serta kerjaan di lab membuatku jadi makin males macem-macemin jilbab. Pertama males denger kometar cowok-cowok itu, kedua males ribet kalo jilbabnya macem-macem nanti kena larutan kimia kan jadi berabe.

Selama udah kurang lebih 9 tahun pake jilbab aku justru ngerasa makin bahagia loh. Kenapa? karena aku ngerasa aman, really, aku ngerasa aman banget kemana-mana walaupun sendirian karena pake jilbab. Ngerasa ada yang melindungi. Bahkan rasanya kaya ada yang kurang gitu kalau engga pake jilbab, walaupun dirumah. Setelah memakai jilbab pun aku ngerasa kalau segalamacam urusan itu dipermudah banget sama Allah. Jadi inget, dulu waktu mau lulus SMA dan harus foto ijazah banyak temen berjilbab yang memutuskan untuk buka jilbab karena takut sulit mencari pekerjaan tapi aku dan beberapa teman lain tetap untuk engga buka jilbab. Alhamdulilah banget sampai sekarang jalanku dipermudah kok walaupun aku tetep pake jilbab dan engga membukanya. Allah itu baik banget :)
Aku begini aja Allah segitu baiknya apalagi kalau aku lebih baik

Lantas gimana dengan perjalanan berjilbabku di Korea Selatan? 

Kalau tantangan memakai jilbab di Indonesia sih aku bisa bilang just so so, karena memakai jilbab bukan hal yang aneh di Indonesia.
Lain halnya sekarang, saat aku di Korea Selatan dan memakai Jilbab. Semua orang yang baru kenal bakalan heran dan akan terus ngeliatin aku. Contoh sederhana, saat ikut kelas professor disini, professor bakalan dengan mudah mengingat namaku dan ga perlu liat presensi karena aku paling mudah diingat, karena apa kalau bukan karena aku pake jilbab hehe. Selain itu temen-temen dari negara non muslim sering banget nanyain hal kenapa aku harus pake jilbab, sedangkan misalnya mereka pernah menemi wanita muslim lain dan di wanita enggak berjilbab.

Selama ini menanggapi pertanyaan sejenis itu jawabanku sih berbeda-beda, karena aku kadang bercanda namun kadang serius. Kalau lagi serius aku bakalan jawab bahwa sebenarnya jilbab itu wajib untuk wanita muslim sejak mereka baligh kalaupun ada wanita yang engga memakai itu terserah dengan keyakinan mereka sendiri. Tapi so far mereka mulai mengerti meskipun beberapa bulan kemudian tanya lagi pertanyaan sejenis haha. Belum lagi kalo pergi ke daerah pasar atau pusat keramaian gitu (FYI aku disini tinggal di daerah namanya Daejeon, yang notabenenya adalah kota metropolitan terbesar ke-3 di Korea namun jangan salah orang-orang setengah baya masih banyak yang awam dengan turis maupun islam). Dan akibat itulah kalo lagi keliaran di pusat keramaian ga sedikit bapak-bapak atau ibu-ibu yang datengin dan nanyain bahkan nyentuh jilbab yang aku pakai terutama kalo musim panas, mereka bakalan nanya "ga panas kah?" atau "pasti kamu kepanasan banget?", cara meladeninya? jawab aja "enggak kok ini pelindung panas malahan" haha dan setelahnya mereka pasti masih akan memandangi kita dengan tatapan super heran sekaligus kasihan.

Lain lagi kalo musim dingin, justru orang-orang yang nemuin kita bakalan berkomentar "wah, pasti jadi makin hangat ya" dan kalau begitu aku jawab "iya makin hangat." sambil senyum. Pengalaman-pengalaman itu tuh yang bikin aku makin bahagia sekaligus bangga sama jilbabku. Hitung-hitung kita berdakwah juga kan di negeri minoritas muslim.

Dan again, i can say jilbab ini melindungiku selama disini. Karena aku cewek sendiri nih di lab, orang asing dan muslim pula jadilah anak lab yang semuanya adalah laki-laki justru amat menghargai aku. Mereka cenderung menjaga aku dari skinship atai bersentuhan kulit dengan mereka hihi, alhamdulillah kan mereka mau ngerti. Terus juga, mereka ga sembarangan kalo ngajak aku makan or jalan-jalan karena aku berjilbab. Meskipun kadang mereka masih suka iseng ngajuin pertanyaan "emangnya kami enggak boleh ya lihat rambutmu sama sekali?" (*dalam hati : enggak lah emang lo siapa?) kalo udah gitu aku jawab aja enggak dong cuma suamiku nanti yang boleh liat (*ciyeee) hahaha....

Ada lagi pertanyaan unik yang aku pernah terima langsung dari Professorku disini, sekitar tiga bulan setelah aku sampai disini kami makan siang bareng satu lab dan beliau entah kenapa tiba-tiba bertanya : "Risha, kamu punya jilbab berapa banyak? warnanya ada berapa? kenapa tiap hari ganti warna?". Enggak heran sih kalau beliau nanya begitu waktu itu aku pake jilbab warna salmon gitu yang notabenenya terang dan aku jawab : "Punya banyak prof sekitar 20 lembar, dan warna warni disesuaikan sama bajunya." Profku pun ngangguk-ngangguk sambil sempet kometar "That's many!".

Kalau ada yang takut pake jilbab karena takut ga cantik lagi atau susah cari jodoh i wanna tell you that justru berjilbab itu bikin kalian tambah cantik dan yang pasti meningkatkan kualitas diri kita sebagai muslimah loh. Firman Allah di Al-Qur'an itu engga ada yang salah girls. Ada lagi nih additional benefit kalau kita pake jilbab "Terlindungi dari sinar UV A dan UV B", tau kan kalau dua jenis sinar itu jahat banget sama kulit kita dan bisa bikin kulit kita rusak bahkan hingga kena kanker kulit? 

Tapi lebih dari itu semua lebih baik lagi kalau kita berhijab atau berjilbab secara ikhlas, jadi kita dapet pahala dan dapet keuntungan jilbab secara maksimal. Hijab enggak menghalagi karir bahkan pendidikan kok. Aku bakalan nunjukkin foto-foto aku dari berhijab jaman SMA sampai sekarang deh. 

Daejeon, July 20th 2017
_Rishalicious

Banquet Dinner di International Conference of Neutron Scattering 2017
Presenter at KAIST ONE Indonesia 2016
Welcome dinner Mahasiswa Baru 2016
AONSA Neutron School 2014 Serpong, Indonesia
Member Lab NSNML nya KAIST 2016-2017


You May Also Like

0 komentar